CARA MEMELIHARA AGAR LAPTOP AWET DAN TAHAN LAMA

 Hallo para dunia mayaersss. hehehe.. terlalu lebay mungkin ya. tetapi kali ini saya akan menyampaikan atau memaparkan sebuah jurus atau sebuah pencegahan dan penanganan terhadap laptop ataupun pc komputer agar awet dan tidak lemot tentunya. wait the minute..!!! so what can we do agar computer kita bisa enteng dan awet kapanpun dan dimanapun entah itu tentang hardware (Bateari, LCD/LED, Keyboard, Harddisk, RAM, Charger Laptop), ataukah Software (Operating System "Windows/Linux", Microsof Office, Browser, dan Lainnya). dan langsung saja kita ulas berbagai pencegahan dan penanganan seperti berikut :




1. HARDWARE

  A. HDD / HARDDISK
terjadi dan terjadi tanpa sengaja entah emang sengaja yaa kita mengabaikan yang namanya hdd control yang mungkin rawan untuk data kita. hati - hati bila hendak mematikan komputer / Laptop kita, jangan sekali sekali kita matikan paksa pada tombol power. disarankan untuk melakukan soft off atau shutdown melalui menu windows / linux (berbasis software) karena sistem akan berjalan dengan lancar dan aman untuk harddisk kita. yang lainnya adalah jangan lupa untuk mengecek batre kita ketika mau habis langsung colokkan charger, sebab kalau anda biarkan dan laptop mati kehabisan baterai hdd / harddisk anda akan stop hard dan akan merusak komponen dalam harddisk dan wassalam data anda akan lenyap selamanya. maka berhati hatilah tentan power dan baterai diusahakan jangan sampai habis.

  B. KEYBORD & MOUSE
keyboad & mouse adalah salah salu hardware yang mungkin paling besar berperannya, karena setiap langkahpun harus pake keyboard dan mouse di laptop maupun komputer pc. cara penangannya pun agak terbilang mudah tetapi jangan disepelekan. musuh terbesar keyboard dan mouse adalah debu, karena debu yang masuk akan mengganggu kinerjanya. maka dari itu, hindarilah debu dan jangan lupa air ataupun minyak bekas tangan. diusahakan tangan keadaan bersih dari debu, air, dan minyak.

  C. LCD / LED
layar yang digunakanpun laptop dan pc ini juga terbilang rentan. hindari benda tajam dan air, karena bisa beresiko pecah, ada tanda hitam dilayar, dan konsleting pada sirkuit flexible layar maka berakibat layar tidak mau tampil atau tidak menyala.

2. SOFTWARE
A. OS (Operating System) Windows, Linux, Mac OS, dll
Mungkin tidak asing lagi untuk pengguna Komputer pc ataupun laptop bahwa sistem operasi yang sering kita gunakan adalah OS Windows sebagai pengguna umumnya diindonesia dan sebagian besar Linux digunakan sebagai server untuk suatu hal. bangak yang mengeluh tentang kenapa kok laptop saya lemot ya ? padahal spek laptop / komputer pc saya tinggi lohh!!! why ? mengapa ? what happen broo ??. nah ini dia yang menjadikan jengkel. jawabannya adalah.. OS ente kurang service bro!! xD hahaha. dan yang harus dilakukan adalah membersihkannya secara manual yaitu  ketik Windows+R lalu akan muncul RUN. dan ketik prefetch lalu tekan ente / tekan tombol OK :
dan setelah itu akan muncul sampah yang memang tidak berguna bahkan mengganggu aktifitas dan kinerja si laptop atau komputer pc tersebut, seperti ini penampakannya bro :

dan langsung hajarrrrrrr saja atau delete permanen ctrl+delete. lalu ke run lagi dan ketik recent dan ok lagi seperti langkah diatas dan hapus lagi semua. dan run lagi ketik temp hapus semuanya. dan clear komputer atau laptop anda akan aman dan terjaga kesehatannya. dan enteng dan lanciiiiir jaya.

B. ANTISIPASI VIRUS DATANG
hati hati ketika kita bermain yang namanya dunia maya, dan browsing browsing sembarangan dan tidak sengaja kita klik salah salu link celah virus yang ingin masuk di laptop atau komputer kita. dan saya sarankan uintuk memasang software yaitu ini, dan download saja :

Malwarebytes (sebagai pelindung lintasan malware yang jahat / security healty)
SMADAV (Sebagai senjata untuk memunculkan file yang telah hilang atau disembunyikan oleh virus jahat)
Microsoft Security Essential (yang berguna untuk melawan virus berbahaya yang dikenal oleh windows, karena Antivirus ini bawaan asli dari windows).

dari tutorial terebut mungkin masih banyak lagi cara lainya, tetapi ini adalah pengalaman dasar saya agar laptop tahan lama. kalau ada teman teman yang menambahkan silahkan saja. rasakan tutorial yang saya berikan dijamin laptop atau komputer pc anda lancar dan enteng. karena berbagi itu indah :).